Sabtu, 09 April 2011

awas!!!!merokok dalam mobil berbahaya


Liputan6.com, Jakarta: Risiko keracunan semakin tinggi bagi perokok pasif dan aktif jika mereka merokok di dalam kendaraan. The Lung Association belum lama ini menulis, lebih dari 4.000 zat kimia dan karsinogen yang ada dalam rokok akan lebih membahayakan ketika asap rokok terjebak di ruang terbatas. Racun bisa masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang maksimal dan dalam waktu yang singkat.

Terlebih jika asap rokok dihirup oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Anak-anak bernapas lebih cepat dan karenanya menghirup lebih banyak zat beracun ketimbang orang dewasa. Perokok pasif yang menghirup asap sebatang rokok di dalam mobil selama lima menit sama dengan berada di dalam sebuah bar penuh asap rokok dalam jangka waktu yang sama.

Membiarkan jendela mobil terbuka juga tidak akan mengatasi masalah. Asap rokok justru sering berembus kembali ke dalam mobil dan terus bertahan di dalam mobil selama berjam-jam. Asap rokok akan terperangkap di jok mobil dan racunnya tetap terhirup oleh para penumpang mobil, bahkan ketika si perokok telah berhenti merokok.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati jangan sampai anak Anda menjadi perokok pasif. Anak-anak lebih berisiko terserang berbagai penyakit akibat rokok ketimbang orang dewasa. Anak yang menjadi perokok pasif cenderung menderita penyakit jantung dan nantinya akan menjadi perokok aktif.

Berdasarkan laporan dari Surgeon General, lembaga layanan kesehatan publik AS, anak-anak yang menjadi perokok pasif bisa terkena sudden infant death syndrome (SIDS), infeksi pernapasan akut seperti bronkhitis dan pneumonia, gangguan telinga, asma, gejala pernapasan, dan pertumbuhan paru-paru yang lamban.

Untuk menghindari situasi terjebak di dalam satu kendaraan bersama seorang perokok ada beberapa kiat yang bisa dilakukan:

1. Jangan biarkan seorang pun merokok di dalam mobil Anda.

2. Jika Anda merokok, cobalah untuk meninggalkan kantor atau rumah lebih cepat sehingga Anda sempat� merokok dulu di luar mobil sebelum berangkat.

3. Jika Anda dalam perjalanan jauh, cobalah menepi sebentar untuk merokok di luar mobil.

4. Pastikan anggota keluarga Anda atau pengasuh anak Anda tidak merokok ketika berkendara bersama anak Anda.

5. Kosongkan asbak mobil Anda. Isi dengan permen atau cemilan lainnya.

6. Bersihkan mobil Anda lebih sering, khususnya jok mobil dengan penghisap debu.(CHR/ANS/Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar