Jumat, 08 Oktober 2010

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR'AN

1. Dari Abu Umamah ra. berkata:
"Saya mendengar Rasulullah saw.bersabda: "Bacalah Al-Qur'an karena sesungguhnya Al-Qur'an itu nanti pada hari kiamat akan datang untuk memberi syafa'at kepada orang yang membacanya".(Riwayat Muslim)

2. Dari An Nawwas bin Sam'an ra.berkata: "saya mendengar Rasulullah saw.bersabda: "pada hari kiamat nanti akan didatangkanlah Al-Qur'an dan orang-orang yang mengamalkannya di dunia dengan didahului oleh surat Al-baqarah dan Ali 'Imran untuk mempertahankan orang yg mengamalkannya".(Riwayat Muslim)

3. Dari 'utsman bin 'Affan re. berkata:,Rasulullah saw. bersabda: "sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yg belajar dan mengerjakan Al-Qur'an.(Ri wayat muslim).

4. Dari 'Aisyah ra.berkata,Rasulullah saw.bersabda:" Orang yang membaca Al-Qur'an dan ia mahir maka nanti akan bersama-sama dengan para malaikat yang mulia lagi taat.Sedang orang yang membaca Al-Qur'an dan ia merasa susah didalam membacanya tetapi ia selalu berusaha maka ia mendapat dua pahala".
 (Riwayat Bukhari dan Muslim).

5. Dari Abu Musa Al Asy"ary ra. berlata,Rasulullah saw bersabda: "Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur'an itu adalah seperti utrujah yang mana baunya harum dan rasanya enak.Perumpamaan orang mukmin yang tidak suka membaca Al-Qur'an itu seperti buah korma yang mana tidak berbau tapi rasnya manis.perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur'an itu seperti bunga yang mana bau nya harum tetapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur'an itu seperti hanzhalah yang mana tidak berbau dan rasanya pahit".(Riwayat Bukhari dan Muslim).r

6. Dari 'Umar bin Khaththab ra.bahwasanya Nabi saw.bersabda: "sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Kitab (Al-Qur'an) ini,dan Ia akan merendahkan derajat kaum yang lain dengannya". (Riwayat Bukhari dan Muslim).

7. Dari Ibnu 'Umar ra. dari Nabi saw.,beliau barsabda: "Tidak ada iri hati itu diperbolehkan kecuali dalam dua hal yaitu: seseorang yang diberi kemampuan oleh Allah untuk membaca dan memahami Al-Qur'an kemudian ia membaca dan mengamalkannya baik pda waktu malam maupun siang; dan seseorang yang dikaruniai harta oleh Allah kemudian ia menafkahkannya dalam kebaikan baik pada waktu malam maupun siang".
(Riwayat Bukhari dan Muslim).

8. Dari Al Barra' bin 'Azib ra. berkata: "ada seseorang membaca surat Al-Kahfi dan di dekatnya ada seekor kuda yang diikat dengan tali pada kanan dan kiri nya, kemudian orang itu diliputi semacam awan yang selalu mendekat sehingga kudanya akan larimeninggalkan tempat itu. Pada pagi harinya ia datang kepada Nabi saw. dan menceritakan apa yang baru saja terjadi,kemudian beliau bersabda: "itu adalah suatu ketenangan (rahmat) yang turun karena bacaan Al-Qur'an". (Riwayat Bukhari dan Muslim).

9. Dari Ibnu Mas'ud ra. berkata,Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Qur'an) maka ia mendapat satu kebaikan. Setiap kebaikan itu di balas dengan sepulih kali lipat. Aku tidak mengatakan: "Alif lamm miim" satu huruf tetapi alif satu huruf,lam satu huruf, dan mim satu huruf".
(Riwayat At Turmudzy).

10. Dari Ibnu 'Abbas ra. barkata,Rasulullah saw bersabda: "sesungguhnya seseorang yang di dalam dadanya tiada sedikitpun dari Al-Qur'an itu seperti rumah yang kosong". (Riwayat At turmudzy).

11. Dari 'Abdullah bin 'Amar bin Al 'Ash ra. dari Nabi saw., beliau bersabda: "nanti akan diperintahkan kepada orang yang suka memebaca Al-Qur'an: Bacalah dengan baik dan tartil sebagai mana kamu membacanyanya dengan tartil di dunia.Karena sesungguhnya tempatmu (derajatmu) trgantung pada akhir ayat yang kamu baca". ( Riwayat Abu Daud dan At Turnudzy). 









1 komentar:

  1. Kunjungi situs kami dan baca berbagai artikel menarik seputar permainan judi online
    langsung ja ke link di bawah ini guys.
    O iyaaaa makasih buat yang punya situs, semangat berkarya.
    https://medium.com/

    BalasHapus