Jumat, 27 Mei 2011

Strategi Balas Dendam ala Ferguson



Liputan6.com, Manchester: Bagi Anda penggemar sepakbola, tentunya tidak terlalu sulit untuk menerka komposisi yang diturunkan Pep Guardiola saat Barcelona melayani tantangan Manchester United di babak final Liga Champions yang akan berlangsung di Wembley Stadium, Sabtu (28/5) besok malam. Pasalnya, hampir pasti Guardiola akan menurunkan tim yang sama seperti saat berlaga di babak-babak sebelumnya. Hanya Eric Abidal yang menjadi problema Guardiola di lini pertahanan.

Sebaliknya, sulit untuk meraba formasi tim yang bakal diturunkan manajer Setan Merah Sir Alex Ferguson. Keputusannya untuk memainkan sembilan pemain cadangan di laga leg kedua semifinal melawan Schalke sangat mengejutkan banyak pihak. Beruntung, perjudian Ferguson terbayar tuntas. Lalu, bagaimana dengan racikan ala Ferguson menyiasati rancaknya permainan Lionel Messi dkk? 

Dari sejumlah latihan yang digelar di Carrington dalam dua pekan terakhir, dua strategi tengah dipersiapkan Ferguson untuk membalas dendam kekalahan dari Guardiola di Roma dua tahun yang lalu. Menariknya, dalam sesi latihan, Ferguson membagi timnya menjadi dua: pertama tim inti dan tim kedua adalah tim lawan yang bermain dengan gayaLos Blaugrana. Nani didaulat untuk menjadi “Messi”, Michael Owen menjadi “David Villa”, dan Paul Scholes ditunjuk memerankan “Andres Iniesta”.

Strategi pertama yang diterapkan Ferguson adalah formasi baku 4-4-2 yang akan berkembang menjadi formasi 4-4-1-1. Formasi ini akan diterapkan sejak awal pertandingan. Sampai sejauh ini, Ferguson belum memberi konfirmasi terkait siapa yang bakal menghuni starting eleven. Namun, posisi bek kanan hampir dipastikan akan kembali ditempati Fabio da Silva dan Michael Carrick menjadi gelandang bertahan menyingkirkan Darren Fletcher.

Strategi kedua diyakini menjadi kartu truf Ferguson andaikata Barcelona mampu mencetak gol lebih dahulu. Artinya, MU sedang tertinggal. Dalam kondisi seperti itu, Ferguson dengan radikal akan mengubah gaya bermain timnya menjadi 3-4-3. Chris Smalling yang akan duduk di bench, diplot menjadi bek ketiga menemani menara kembar Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand.

Smalling akan masuk ke lapangan menggantikan Park Ji-Sung. Sementara Fabio dan Patrice Evra akan didorong ke lini tengah—bahu membahu dengan Carrick dan Ryan Giggs—untuk mendukung tiga pemain yang bakal jadi tumpuan di garis depan: Wayne Rooney, Javier Hernandez, dan Antonio Valencia.

http://bola.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar