Minggu, 10 April 2011

Harley Davidson Serius Garap Pasar India


NEW DELHI- Produsen sepeda motor legendaris asal Amerika, Harley Davidson benar-benar serius membidik pasar India. Hal ini dilihat pada keputusannya bekerja sama dengan pihak ketiga, untuk keperluan produksinya ke India.

Pajak barang masuk ke India yang sangat tinggi, yakni 103 persen, membuat Harley Davidson mengajak konglomerat India, Mahindra, bekerja sama membuat sebuah pabrik di India, di atas lahan seluas 70 ribu meter persegi di luar Delhi, yaitu di Bologna, Italia. Alasannya, di Bologna, Mahindra mempunyai anak perusahaan.

Rencana awalnya, HD akan membuat sebuah mesin baru berplatform V-Twin pada pabrik yang direncanakannya itu. Hal ini membuat HD terhindar dari larangan impor sepeda motor bermesin 800 cc di India.

Sebagai pasar sepeda motor terbesar dan tercepat pertumbuhannya, pasar India juga membuat dealer Amerika mengadakan perubahan untuk dapat membidik pasar anak muda dengan menciptakan sebuah produk entry-level bertajuk Buell Blast.

Sementara, mesinnya akan dikembangkan di pabrik HD di Milwaukee, Amerika Serikat, di mana seluruh ragam desainnya dipercayakan pada anak perusahaan milik konglomerat India, Mahindra, di Bologna.

“Hal ini merupakan suatu keputusan yang mengejutkan karena harus mempercayakan pihak ketiga untuk memegang penuh peranan penting dalam produksi HD, namun ini merupakan sebuah langkah yang dapat dijadikan pengalaman untuk mengembangkan produk khusus India,” tulis motorcyclistonline.com.

Pihak HD sendiri belum secara langsung mengkonfirmasikan apa pun mengenai Buell Blast dengan alasan menunggu waktu yang tepat untuk memberikan keterangan awal.

Sedikit berita, HD akan memproduksi dua versi mesin. Pertama, mesin 500 cc pada Harley-Davidson’s Rider’s Edge training programs. Kedua, mesin 750 cc untuk memenuhi gap antara produk domestik India dengan mesin impor 800 cc.

Sepeda motor ini juga akan memenuhi kekosongan dealer HD Amerika, menyediakan pilihan lebih terjangkau dan mudah diakses dibandingkan HD sebelumnya, untuk menarik minat konsumen muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar